CARA UPDATE SEMUA DRIVER WINDOWS SECARA OTOMATIS

By | October 16, 2022

Setelah selesai menginstal ulang sistem operasi Windows Anda, tentunya Anda harus mengupdate semua driver dari hardware yang ada dalam system Anda ke versi yang terbaru. Hal ini sangat signifikan memengaruhi performa komputer Anda dalam menjalankan tugasnya pada level paling optimal dari masing-masing hardware.

Sampai saat ini masih banyak teman-teman yang berjibaku mencari driver windows untuk hardware yang terpasang di komputer mereka. Ada yang mencari driver berdasarkan ID, ada yang mencari berdasarkan nama vendor, dan lain sebagainya. Belum lagi saat Anda mengetik pencarian di Google, yang muncul malah website-website penyedia driver yang malah menyuruh Anda menginstal driver updater mereka, padahal setelah diinstal masih ada driver yang tidak terdeteksi, karena database dari penyedia driver tersebut tidak lengkap. Hal ini kadang menyebabkan driver error atau malah menyebabkan system crash dan bluescreen.

Mencari Windows Driver secara manual memang sangat melelahkan, membuat stress, dan membuang sangat banyak waktu. Tentunya hal ini sangat tidak efektif, apalagi jika Anda bekerja sebagai teknisi komputer atau laptop. Semua orang ingin menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat dan tepat.

Pada tahun-tahun sebelumnya, teknisi komputer atau laptop menyimpan driver updater dalam ukuran yang sangat besar ke dalam flashdisk atau harddisk mereka. Memang banyak membantu, karena mereka tidak perlu repot-repot lagi mencari id vendor, nama vendor, jenisnya, versinya, dan lain sebagainya.  Semuanya dapat dilakukan dengan satu klik dan driver updater tersebut akan otomatis mencari driver yang ada dalam databasenya.

Update driver otomatis dengan driver updater yang dimasukkan ke dalam flashdisk atau harddisk tersebut saat ini sudah tidak efektif lagi. Mengapa? Karena dengan kecanggihan teknologi saat ini, vendor-vendor dari hardware tersebut juga berkejar-kejaran untuk mengupdate database mereka, untuk menyesuaikan dengan engine-engine software dan game terkini, agar hardware yang mereka jual tetap dalam performa optimal dalam menjalankan aplikasi atau software dan mage saat ini.

Jika Anda tetap menggunakan cara lama tadi, tentunya driver yang ada dalam flashdisk atau harddisk Anda akan sangat cepat usang,  karena bisa saja dalam satu minggu terjadi dua kali update driver, sementara Anda bisa saja cuma mengupdate database driver Anda setahun sekali.

Untuk itulah postingan ini hadir untuk membantu Anda, agar semua pekerjaan Anda jauh lebih cepat, jauh lebih efisien, dan tidak melelahkan. Anda bisa fokus kepada hal lain yang lebih berguna daripada menghabiskan waktu dengan segala risiko kegagalannya dengan cara-cara lama tersebut. Anda hanya perlu terkoneksi ke internet untuk mengupdate semua driver windows Anda.

Bukan hanya driver Anda yang akan diupdate secara otomatis, game components juga akan diupdate secara otomatis ke versi terbaru dan final. Kita dapat mengetahui driver yang sudah vinal dari sertifikasi WHQL-nya. Jika driver tersebut memiliki info tambahan “WHQL” di belakang namanya, maka driver tersebut sudah benar-benar teruji dan seharusnya tidak akan mengalami error lagi.

Game components yang admin maksud di sini adalah runtimes-runtimes yang dibutuhkan aplikasi atau software dan game yang terinstal di komputer Anda. Beberapa contohnya adalah OpenGL, Microsoft Visual C++ terbaru, nVidia PhysX, atau game components yang lainnya. Bukan cuma untuk game, runtimes ini sangat berguna untuk hamper semua engine software, apalagi Anda bekerja sebagai video editor, graphics designer, dan sebagainya.

Nah, untuk lebih efektif lagi, admin juga akan menjelaskan langkah-langkah mengupdate semua Driver Windows untuk hardware Anda dengan rapi dan detail. Langkah ini tidak akan Anda temukan di manapun.

CARA MENGUPDATE DRIVER WINDOWS SECARA OTOMATIS

PERSIAPAN BAHAN

  1. Download Network Driver Updater yang sudah kami sediakan
  2. Download Driver Updater yang sudah kami sediakan
  3. Ekstrak dan copy kedua driver updater tadi ke dalam flashdisk yang berisi instalan Windows Anda
  4. Dari flashdisk tadi, copy lagi folder tersebut ke komputer yang akan diupdate drivernya

UPDATE NETWORK DRIVER SECARA OTOMATIS TANPA KONEKSI INTERNET

  1. Buka Drive D dari komputer target yang baru saja selesai diinstal Windows dan sudah tercopy folder driver tadi.
  2. Buka folder yang mengandung kata “Network Driver”.
  3. Jalankan aplikasinya [yang ekstensi filenya adalah .exe atau application].
  4. Klik scan dan tunggu, aplikasinya akan otomatis mencari driver network Anda.
  5. Jika sudah selesai, restart komputer Anda dan lanjutkan ke langkah “UPDATE SEMUA DRIVER WINDOWS SECARA OTOMATIS”.
  6. Jika gagal, kemungkinan mainboard Anda sudah lebih baru, jadi download Network Driver Updater Versi Terbaru. [lebih berat karena databasenya jauh lebih banyak, admin kurang merekomendasikan karena lumayan banyak memakan ruang flashdisk Anda, dan lumayan berat untuk dijalankan, untuk itulah admin merekomendasikan yang pertama untuk mainboard pada umumnya, karena nanti toh juga akan diupdate lagi dengan Driver Updater untuk semua driver Windows.]

UPDATE SEMUA DRIVER SECARA OTOMATIS [SUDAH WHQL DAN FINAL/TERUJI]

  1. Buka Drive D dari komputer target yang baru saja selesai diinstal Windows dan sudah terinstal Network Driver tadi.
  2. Buka folder yang mengandung kata “Driver Updater”.
  3. Instal dan jalankan aplikasinya [Run as Admin].
  4. Klik scan dan tunggu, aplikasinya akan otomatis mencari semua driver dari hardware yang terpasang di komputer Anda.
  5. Klik “Update”, jika ada notifikasi “Apakah Anda ingin melakukan backup sebelumnya?” klik saja “No”, jika Anda sudah biasa menggunakannya, atau klik saja “Yes” jika Anda masih ragu, namun proses ini akan memakan waktu lebih banyak lagi.
  6. Jika ada notifikasi yang meminta Anda merestart komputer Anda setelah salah satu driver terinstal, klik saja “No” karena Anda dapat merestart komputer setelah semua driver terinstal.
  7. Jika semua driver telah selesai diinstal, klik “Reboot Now” atau “Restart Now”.
  8. Semua driver Anda telah terpasang, dan Anda dapat melanjutkan untuk menginstal aplikasi-aplikasi tambahan yang Anda atau client Anda butuhkan.

CATATAN PENTING SETELAH SELESAI INSTAL ULANG SISTEM OPERASI WINDOWS ANDA

  1. Jangan lupa, jangan pernah memaksa komputer Anda atau client Anda untuk menginstal software-software terbaru jika spesifikasi komputernya masih belum sanggup. Coba install versi-versi lawas saja dari aplikasi yang Anda atau client Anda butuhkan.
  2. Jangan lupa juga, hati-hati dalam menginstal softwarenya, pastikan baca dulu baik-baik sebelum menginstal tombol “Next” atau “Install”, karena saat ini sangat banyak developer software mencentang secara default aplikasi-aplikasi dari iklan mereka untuk Anda install. Hal ini akan memperberat sistem Anda, karena tanpa Anda sadari, Anda akan menginstal aplikasi-aplikasi tersebut, padahal Anda tidak membutuhkannya.
  3. Setelah selesai menginstal driver dan aplikasi tersebut, admin menyarankan untuk melakukan clean-up, untuk membersihkan file dan registry dari sisa-sisa instalasi yang Anda lakukan sebelumnya.
  4. Untuk performa individual setiap software yang baru Anda install, jangan lupa untuk melakukan pengaturan-pengaturan tersendiri sesuai softwarenya, agar Anda nyaman menggunakannya, dan software yang Anda install juga bekerja dengan optimal, menyesuaikan dengan kondisi hardware Anda.

 

Selamat mencoba, terima kasih sudah berkunjung di ITWarnet. Semoga postingan kali ini dapat membantu Anda.

Author: Tommy

The true sign of intelligence is not knowledge. It's imagination. As what as Einstein said. You could know everything, but it doesn't mean that you can make something by that. You need imagination to develop it, develop yourself, or change the world.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *